4 Tips Merawat Sepeda Motor agar Tetap Prima

4 Tips Merawat Sepeda Motor agar Tetap Prima! Seiring berkembangnya zaman kendaraan bermotor pun semakin memadati jalan. Hal ini menyebabkan kemacetan dimana-mana. Meski mayoritas orang lebih suka menggunakan sepeda motor karena alasan ini dan itu, namun tak jarang mereka lalai dalam merawat sepeda motornya karena kesibukan masing-masing. Jika Anda ingin mempunyai motor dengan mesin yang awet sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya perawatan, simak tips berikut ini.


merawat sepeda motor

1. Jangan Membawa Beban Berat

Jangan gunakan sepeda motor untuk membawa beban yang berat minimal hingga 500 KM. Hal ini penting dalam merawat sepeda motor karena oli masih dalam keadaan dimana lebih cepat tercampur dengan serpihan logam akibat pergesekan komponen mesin. Biasakan untuk menjalankan sepeda motor dari kecepatan pelan sampai kecepatan maksimal agar mesin bisa tahan dalam jangka panjang. Selain itu, jangan sia-siakan perawatan gratis dari dealer tempat Anda membeli sepeda motor atau Anda bisa simak informasi otomotif terlengkap. Untuk tips perawatan motor Anda.

2. Melakukan Tune Up

Selanjutnya yang perlu dilakukan untuk merawat sepeda motor adalah dengan melakukan tune up. Tune up perlu dilakukan untuk mengetahui kemungkinan adanya komponen yang aus atau tergores. Selain itu, tune up juga dapat membersihkan debu-debu dan kotoran yang terhisap karburator sehingga kinerja mesin tidak akan terganggu. Untuk waktu idealnya, Anda bisa melakukan tune up setiap dua bulan sekali atau bila Anda merasa bahwa sepeda motor Anda sudah tidak nyaman seperti biasanya, maka Anda bisa langsung melakukan tune up ke bengkel resmi.

3. Jangan Lupakan Ganti Oli

Ketiga, jangan lupa mengganti oli sepeda motor Anda. Jika Anda ingin merawat sepedamotor, biasakan untuk tidak telat mengganti oli. Untuk waktu yang tepat dalam mengganti oli biasanya sudah tertera di bungkus oli yang Anda beli. Namun agar sepeda motor Anda lebih prima, Anda bisa mengganti olinya berdasarkan batas kilometer pemakaian, Anda bisa mengganti oli apabila kilometer menunjukkan 2000 km.

4. Panaskan Mesin Sebelum Memakai

Terakhir, cara merawat sepeda motor yaitu jangan pernah lupa memanaskan mesin terlebih dahulu sebelum dipakai. Apabila sepeda motor tidak dipakai selama 8 jam atau lebih, maka oli akan turun dari bagian sempit dan terkumpul di bak oli. Pemanasan seperti ini dilakukan agar oli kembali naik dan mengaliri bagian-bagian yang perlu dilumasi.

Baca juga : http://autoinsurancequotesi.info/perkembangan-teknologi-sepeda-motor-baru/

Dalam merawat sepeda motor, Anda sangat perlu memperhatikan hal-hal kecil seperti ini karena jika tidak maka mesin kendaraan Anda akan lebih mudah rusak dan akhirnya membutuhkan biaya perawatan yang lebih banyak dari harga beli sepeda motor tersebut.

shares