Terkait Perbedaan Dari Film Jadul Dengan Jaman Sekarang

Dulu ada sebuah penjelasan tentang film menurut salah satu aktor senior yaitu Alm. Didi Petet. Suatu film memiliki pengaruh yang begitu luar biasa baik untuk para pemain film, penonton hingga bangsa itu sendiri. Dan lebih lanjut Didi mencontohkan dari film di Amerika Serikat terkait seorang jagoan yang mempunyai nama Rambo bisa mengalahkan pasukan yang berasal dari negara lain hanya seorang diri. Film tersebut seakan memberikan sebuah rasa kepercayaan diri yang cukup tinggi terhadap Amerika Serikat.

Film Jadul

Kalau diberikan contoh seperti penjelasan diatas film di Indonesia seperti Laskar Pelangi, karena berkat film itu banyak orang yang merasa penasaran akan pulau Bangka Belitung, film tersebut tentu sudah masuk dalam koleksi film Layarkaca21. Namun di sisi lain sosok Jenny Rachman menceritakan sebuah fenomena perfilman Indonesia khususnya di tahun 1979 bersama dengan lahirnya Film karya Teguh Karya. Sekitar tahun 1979 film Indonesia seperti ramai karena adanya film paha dan dada, serta ternyata ada seniman yang berhasil memberikan karya perjuangan yang begitu menginspirasi. Sosok Jenny mengungkapkan sedikit keprihatinannya mengingat film-film menyangkut sejarah masih kurang dibuat. Apabila nantinya akan dibuat berbagai film-film sejarah tentunya akan banyak orang-orang atau organisasi artis film Indonesia bakal memberikan dukungan.

Jenny Rachman menjelaskan sebuah pandangannya menyangkut perbedaan perfilman pada era 70an dan era saat ini yang dimana sudah banyak muncul stasiun televisi sekaligus majunya teknologi hingga membuat smartphone bisa menonton sebuah film, dapat juga lewat situs streaming film Layarkaca21.

Jika dilihat segi dari pembuatan film, film dulu nyaris digarap hingga sekitar satu tahun. Tetapi semakin majunya zaman ternyata dalam 2 hari saja sudah bisa menjadi suatu sinetron, serta setiap episode berhasil meraup sekian juta. Sekarang ini berlomba-lomba adanya kejar tayang dari artis dan penulis, karena mereka seperti melakukan kejar setoran. Intinya banyak sekali perbedaan cara pembuatan film pada waktu dulu dengan saat ini dampak dari kemajuan teknologi. Selain itu membuat penonton bisa mengakses berbagai film melalui Layarkaca21 yang otomatis membuat semuanya serba cepat dan praktis tanpa harus pergi ke bioskop.

shares