Perbedaan Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan dan Cara Mengatasi Mualnya

Perbedaan Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan dan Cara Mengatasi Mualnya! Kehamilan adalah masa yang menyenangkan, kecuali satu hal, yaitu rasa mual. Keinginan untuk muntah di pagi hari atau morning sickness terjadi karena perubahan hormon saat hamil. Apakah ada perbedaan hamil anak laki-laki dan perempuan ketika mual karena hamil muda? Ayo baca bedanya di bawah ini.


perbedaan hamil anak laki-laki dan perempuan

Hamil Anak Laki-Laki

Umumnya jika Anda hamil anak laki-laki, frekuensi mual lebih sedikit. Malah ada ibu hamil yang tidak mual sama sekali, makan apa saja dan tidak dimuntahkan lagi. Tidurnya juga lelap, dan dinamakan dengan hamil ngebo. Minusnya, jika Anda hamil ngebo, maka tubuh akan lebih manja dan malas-malasan di tempat tidur, berat badan bisa naik drastis.

Jika Anda jarang mual di pagi hari, belum tentu anaknya laki-laki. Mengapa begitu? Jenis kelamin bayi ditentukan oleh USG, bukan mitos. Jangan termakan mitos karena ia ada dari kebiasaan saja, bukan berdasarkan fakta. Jangan takut untuk USG karena aman dan tidak merusak janin, karena memakai gelombang suara, bukan sinar infra merah.

Saat USG, Anda tidak hanya bisa melihat jenis kelamin bayi, jadi tidak termakan mitos perbedaan hamil anak laki-laki dan perempuan. Anda juga bisa konsultasi pada dokter kandungan, makanan apa saja yang dipantang, cara mengatasi mual, dan lain-lain. Saat USG Anda juga bisa tahu lingkar kepala janin, berat badannya, dan lain-lain. Biaya USG setara dengan konsultasinya.

Hamil Anak Perempuan

Banyak wanita mengaku bahwa saat hamil anak perempuan, maka mualnya bisa lebih parah. Ada yang tidak bisa turun dari tempat tidur karena pusing dan ingin muntah sepanjang hari. Mulutnya terasa asam, bahkan tidak mau makan nasi. Jika Anda mual parah, belum tentu bayi yang ada di kandungan berjenis kelamin perempuan.

Setelah USG dan hasilnya janin perempuan, jangan sedih. Saat usia kandungan 9 bulan, lakukan pemeriksaan USG sekali lagi. Tujuannya selain untuk memastikan jenis kelamin janin, juga melihat apakah Anda bisa melahirkan dengan normal. Hasil USG bisa berubah, karena jenis kelamin tertutup tali pusat atau saat USG bayi tak mau memperlihatkan apa  ia laki-laki atau perempuan.

Cara Mengatasi Mual

Morning sickness atau mual parah bisa dikurangi dengan beberapa cara. Sediakan permen rasa mint atau jahe, jadi mulut terasa segar dan Anda tidak ingin muntah lagi. Bawalah 1 stoples camilan seperti biskuit atau roti kering. Makanlah sedikit demi sedikit agar tidak merasa mual. Jangan makan lauk berbumbu tajam seperti gulai atau rendang daging.

Jika Anda masih ingin mual, minumlah susu untuk ibu hamil yang bisa mengatasi rasa mual. Anda juga bisa berkonsultasi ke dokter kandungan untuk mendapat obat untuk mengurangi mual. Muntah yang parah sangat berbahaya bagi ibu hamil, karena janin bisa kurang gizi. Setelah mual, usahakan untuk makan lagi walau hanya beberapa suap.

Ada perbedaan hamil anak laki-laki dan perempuan, biasanya saat mual. Anda bisa mual parah jika bayinya perempuan, namun kadang itu tidak terjadi pada ibu hamil lain. Jangan termakan mitos, segera USG di usia kehamilan 5 bulan, untuk mengetahui jenis kelamin bayi. Semoga Anda tetap sehat saat hamil.

shares