Cara Menyetir Mobil di Tanjakan, Pelajari Sekarang

Cara Menyetir Mobil di Tanjakan, Pelajari Sekarang! Bagi pengemudi pemula mengendarai mobil di jalan tanjakan adalah hal yang ditakuti, karena memang membutuhkan ketenangan saat mengemudi dan pengalaman lebih. Berbeda dengan mengemudikan mobil di jalan datar yang hanya perlu mengatur ritme injakan pedal gas dan pengereman.


menyetir mobil di tanjakan

Kebanyakan pengemudi pemula akan merasa gugup apabila terjadi kemacetan di jalanan yang menanjak dan akhirnya kalau tidak menabrak kendaraan di depannya juga malah membuat mobil itu sendiri meluncur ke belakang. Kegugupan seperti itu adalah hal yang wajar karena menngemudikan mobil di jalan menanjak tidaklah mudah apalagi untuk seorang pemula. Untuk menghindari hal seperti itu, berikut akan dijelaskan tips menyetir mobil di tanjakan agar selamat berkendara. Dan Anda bisa simak informasi terbaru mengenai perawatan mobil di situs informasi otomotif terlengkap.

Saat menyetir mobil di tanjakan, pertama Anda perlu memperhitungkan kemiringan dari jalan yang Anda lewati, apabila jalan tersebut tidak terlalu curam maka Anda bisa tetap mengendarai mobil dengan gigi 2 ataupun 3. Tetapi, jika jalan yang dilewati terlihat curam maka Anda bisa gunakan gigi 1.

Saat di jalan tanjakaan terjadi macet karena banyak kendaraan lain, Anda sebagai pengemudi pemula tidak perlu merasa takut apalagi gugup. Yang perlu Anda lakukan pertama adalah tenang. Tentu Anda masih bisa menyetir mobil di tanjakan meski terjadi macet, Anda hanya perlu melakukan pengereman dengan tiga cara, yaitu mengerem dengan menggunakan rem tangan, lalu diikuti dengan rem kaki, dan tetap memastikan untuk menggunakan setengah kopling.

Jika dalam menyetir mobil di tanjakan yang macet Anda menggunakan rem tangan, pastikan untuk menarik rem tangan terlebih dulu baru memindahkan gigi di posisi netral dan ketika jalan sudah lancar Anda bisa memindahkan transmisi ke gigi 1 lalu tekan pedal gas dan lepaskan kopling perlahan baru Anda bisa melepaskan rem tangan. Untuk rem tangan sendiri biasanya digunakan saat terjadi kemacetan yang panjang hingga membuat mobil tak bisa bergerak.

Kedua, jika Anda menggunakan rem kaki Anda bisa menekan perlahan pedal kopling dan pedal rem secara bersama-sama. Anda bisa menggunakan cara seperti ini ketika menyetir mobil di tanjakan yang macet namun mobil tidak berhenti terlalu lama. Sedangkan jika Anda mengerem menggunakan setengah kopling, Anda hanya perlu menyesuaikan saat menginjak kedua pedal dengan benar. Mengerem dengan setengah kopling di sini mengemudi di tanjakan yang tidak terlalu macet dan mobil hanya berhenti sebentar.

Baca juga : http://autoinsurancequotesi.info/tips-merawat-sepeda-motor/

Cara
menyetir mobil di tanjakan ini bisa Anda pelajari terlebih dulu sebelum melakukan liburan ke tempat tinggi seperti pegunungan. Selain demi sampai ke tempat tujuan, cara ini juga berguna untuk keselamatan Anda dan keluarga.

shares